Selasa, 12 Juli 2011

Source Code (2011)


Director: Duncan Jones
 
Stars: Jake Gyllenhaal, Michelle Monaghan and Vera Farmiga
 
Genres: Mystery | Sci-Fi | Thriller
 
Stock Bima: DVD (Gambar bagus, Subtitle Inggris bagus, Subtitle Indonesia bagus) 

Let me get this straight: Source Code is a very damn good movie. Banyak kritikus dan fans film yang beranggapan bahwa sejauh ini, Source Code merupakan film terbaik di tahun 2011. Dan predikat ini memang layak disandang oleh Source Code karena film ini berhasil menggabungkan aksi yang menegangkan, fisika kuantum, serta kemanusiaan dan sentuhan emosional dengan sangat sukses. Source Code bercerita mengenai serangan teroris di Chicago. Sejauh ini, sang teroris telah sukses meledakan dua buah kereta dan membunuh semua penumpang didalamnya. Dan belum cukup sampai disitu, dia berencana untuk melanjutkan terornya dengan meledakan satu bom lagi. Terang saja seisi Chicago langsung panik. Pemerintah pun dengan kalang kabut berusaha untuk menemukan sang teroris sebelum dia meledakan bom kedua.

Dalam segala kekacauan ini, sebuah program komputer bernama Source Code mendapatkan kesempatan unjuk gigi untuk pertama kalinya. Pada dasarnya, Source Code adalah program yang dapat memasukan seseorang kedalam 8 menit terakhir memori orang lain yang telah tewas. Sang tokoh utama, Capt. Cotler Steven (identitas sebenarnya yang mengejutkan baru diketahui dipertengahan film), kemudian dipaksa masuk kedalam memori terakhir salah seorang korban yang tewas dalam pengeboman di kereta. Dia diperintahkan untuk mencari dimana bomnya diletakan serta siapa terorisnya. Dalam Source Code, Steven mengalami disorientasi dan kehilangan memori sehingga dia terus gagal menemukan sang teroris. Setiap kali dia gagal, Source Code akan mengirimnya kembali ke awal memori tersebut. Perlahan-lahan, setelah terus mengulang, Steven mulai belajar untuk menganalisis situasi dan semakin mendekati sang teroris.

Itulah plot inti dari Source Code. Mungkin kebanyakan dari kalian akan berpikir bahwa Source Code hanya sekedar film aksi klise yang engga jauh beda dari Groundhog Day, Inception, Déjà vu, 12 Monkeys, Quantum Leap, The Butterfly Effect, Memento, Avatar, Assasin's Creed, Vantage Point, Unstoppable , atau Final Destination. Well, ketahuilah, saudara-saudara: Source Code berbeda jauh dengan film-film diatas. Bahkan dalam beberapa hal, Source Code lebih baik daripada film-film tersebut. Mengapa? Alasannya adalah:

1. Source Code is SMART. Plotnya original, dialognya berisi, dan alur petualangan Steven dalam mencari sang teroris benar-benar didesain untuk memanjakan otak penonton.

2. Source Code is HUMANE. Engga kaya Jason Statham atau Cobb yang selalu dingin, profesional, dan fokus pada misi, Steven hanya manusia biasa sama seperti kita. Sepanjang film, kita akan melihat dia bingung, panik, salah, egois, keras kepala, dll. Intinya, dia sangat manusia, bukan superhero.

3. Source Code is THRILLING. Seperti yang bisa kalian bayangkan, nyari teroris dalam waktu delapan menit itu susah. Melihat bagaimana Steven berjuang melawan waktu dan berbagai tekanan untuk menemukan sang teroris pasti akan membuat pantat anda lekat di tempat duduk.

4. Source Code is TOUCHING. Pada akhir film, kita akan diajak untuk merenungkan betapa berharganya hidup ini. Betapa setiap detik yang kita dapatkan adalah anugrah, dan kita harus mulai belajar untuk menghargainya.

So guys, rent this movie now! Only at Bimasakti. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar